Iklan

Thursday, July 31, 2008

Pelatihan dan latihan dapat kita ikuti dimana ada pelaksanan suatu program Meditasi yang berjalan seperti pelaksanan Meditasi Athangga sila

Dalam waktu bersaman dari bulan dan hari masa vassa sangat baik untuk satu hari yang tentunya pelaksananya berawal dari cetiya Mahasampatti,kemudian dilaksanakan dengan dari awal yaitu berdana makan di waktu pagi hari dimana sewaktu para bhikku lagi melaksanakan spirituality pindaphata yang kegiatannya sehari-hari seorang Bhikku dari kewajibannya,disini umat dapat berkesempatan untuk berbuat baik untuk berdana makana ,setelah itu hari yang bersaman dapat kita memohon sila kepada para bhikku yang ada sehingga pelaksananya dilaksanakan dengan sempurna dan selanjutnya kotbha Dramma sampai melaksanakan awal dari Meditasi /samadi yang di programkan dan petunjuk-petunjuk awal dari suatu Meditasi dan dilaksanakan dengan baik sampai selesai kelanjutanya sehingga istirahat untuk para Bhikku untuk melaksanakan Meditasi tidur.

Paska selama latihan dan pelatihan dalam sekolah keBhikkuan dapat dijumpai dan dipelajari dari vinaya yaitu peraturan –peraturan yang tentunya vinaya itu,sehingga sejak itu dapat diperajari banyak Sprituality didalam agama Buddha baik didalam kehidupan baik diluar kehidupan seorang manusia hidup didunia ini.akan tetapi (science) ilmu pengetahuan yang dapat kita ketemukan seperti ilmu pengetahuan (science) dari spirituality dari Buddha yang tentunya dari Darmma itu dalam rangkaian kehidupan demi kehidupan yang dijalankan tentunya kehidupan spirituality kehidupan sehari-hari dari kehidupan rangkaian masyarakat hidup di dunia dan alam universal itu.
Yang tentang masalah untuk berbuat baik sampai sutra-sutra kotbha atau Darmma yang sampai ke Tripitaka yang dasar dari ilmu dalam agama Buddha yang terdiri dari Vinaya pitaka,Abhidamma pitaka,Suttanikaya pitaka dan tentang kotbha sang Buddha yang terbentuk jetaka sutta cerita kehidupan riwayat sang Buddha sampai riwayat hidup para Bhikku semasa sang Buddha masih hidup 2552 tahun yang lalu itu.kemudian vinaya pitaka biasanya di pakai untuk pembacaan hari ophosata dimana hari untuk para Bhikku untuk melaksanakan cara gocara dalam pelaksanan acara pembacan dari vinaya peraturan dari para Bhikku yang disebut dengan pembacan Phatimoka antara penaggalan bulan tanggal 1 sampai tanggal 15 setiap bulan,bisanya pelaksananya di Ophosatagara kalau di Negara Thailand Ophosatagara sangat banyak ditemukan di Negara Thailand yang sangat besar-besar dengan gedung yang dilengkapi dengan disain tradisi Therawadha Thailand yang ada dua aliran yaitu aliran Therawadha Dhammayut dan aliran Mahanikayi yang tentu disainnya hampir sama tapi berbeda,cuman gedungnya sangat besar-besar untuk menampung para Bhikku baik yang ada di hutan baik ada yang kota sehingga kalau dilihat setiap temple atau vihara pasti ada dijumpai satu Oposatagara baik yang dihutan baik yang di kota yang tentunnya kalalu di Negara Indonesia untuk menjumpai satu gedung Oposatagara itu mungkin dapat dihitung dengan jari tangan itu pun dari aliran Shanga Therawadha Indonesia mungkin Shanga Agung Indonesia sudah ada Oposatagara yang tersebar di seluluh Indonesia.

Gerbang untuk melaksanakan setelah vinaya pitaka yang tentunya dari phatimoka peraturan para Bhikku yang dibaca oleh bhikku yang bisa phatimoka ,selanjutnya yaitu pelaksanan dari seorang Bhikku untuk memasuki dan mempelajari Abidhamma pitaka yang tentunya tentang khotba Shang Buddha dan khotba pra Guru besar seperti dari somthet shanga raja,somthet sampai Sembilan,nafdam,naftri,naf Sembilan,chou kun yang disini long po ,samapai prakkhu yang disini Achan dan pra bhipra bhikku.disini khotba dhmma di laksanakan setiap hari dimana dalam acara gocara dari Spritualit dari tradisoanal Therawadha.
Kemudian para Bhikku baik yang vassanya dibawah Achan yahh. Mendengarkan khotba atau cerita Dhamma dari para guru long po tentunya bersama dengan umat yang ada didalam temple atau vihara itu,sehingga Abidhamma dapat dipraktekan didalam kehidupa sehari-hari yang tentunya Abidhamma diwaktu chen ting pagi hari dan chen ting malam hari khotba dhamma dapat dilaksankan pada waktu itu,sampai dengan waktu makan pagi setelah pindapata acara makan bersama yang tentunya bersama umat yang hadir untuk berbuat baik untuk berdana makanan ketemple atau vihara atau undangan makan diluar dari umat sampai upacara, acara,gocara dari orang berkabung atau orang mati untuk kremasi,sampai acara didalam pelaksanan chen ting malam hari untuk para Bhikku yang tentunya murid-murid dari long po.

Hingga kalau pelaksananya dari suttanikaya pitaka yang disini tentunya dipakai untuk pelaksanan dari acara,gocara dari Sprituality untuk menbaca parita suci nah suttanikaya pitaka ini adalah sutta-sutta dari parita suci yang dibaca setiap hari oleh para Bhikku dan umat yang tentunya sudah tersedia dimana dari umat yang beragama Buddha.

Sampai pelaksana dari Meditasi yang kewajiban dari seorang Bhikku yang harus dijalankan,disini para bhikku dapat melaksanakan meditasi tentunya di dalam temple atau vihara dimana para Bhikku melaksanakan meditasi baik dalam kuti atau didalam hutan,kalau dinegara Thailand bhikku banyak yang dilihat dan didengar yang tentunya tentang Bhikku wak thu dong yang sini diartikan dengan Bhikku yang bermeditasi didalam hutan dan kemudian berpidah-pindah atau ada yang menetap didalam hutan tertentu atau didalam hutan atau (guo) didalam hutan tertentu,sehingga sampai dijumpainya dengan temple atau vihara baru berasal dari dalam hutan maka di Negara Thailand terkenal dengan vihara hutan atau (Temple jungle) yang setiap hutan dapat dijumpai dengan adanya vihara hutan baik yang besar atau baik yang kecil, karena di Thailand pra Bhikku sangat banyak dan lokasi daerah atau tanah hutan sangat banyak dan luas terbentang yang tentunya penduduk disana terbagi rata sampai didalam hutan.sampai dari latihan untuk memasuki massa vassa kalau di Thailand untuk melaksanakan acara spritualitiy didalam acara mamasuki acara vassa yang dihadiri oleh para Bhikku yang ada pada waktu itu,seperti halnya kalau di Thailand tentunya seorang Bhikku melaksanakan Pradhaksina
Atau nisaya untuk pemohonan dan pelidungan oleh para guru disini long po atau achan selama masa vassa di suatu tempat dan beraditana untuk melaksanakan masa vassa selama tiga bulan dimana massa penghujan untuk menetap disuatu vihara atau didalam hutan yang tentunya sini vihara hutan.kemudian berdiam didalam hutan atau vihara selama tiga bulan dan mengikuti spirituality chen ting dan Meditasi,seperti halnya pelaksanan massa vassa yang satu pelaksananya seperti di laksanakan divihara hutan yang saya jalankan salama dua tahun dinegara Thailand yang pertama saya jalankan di what tum po di propinsi Buriram dengan long po tentunya sehingga ke vihara hutan di tempat prakku dari Jerman dengan long po yang berbeda yang nama long ponya long Pos Sam wan yang saya laksankan massa vassa saya disana selama tiga bulan sehingga selesai dan memasuki masa khatina selama sebulan,kemudian pelaksanan spirituality sampai ke chiang mai propinsi selama seminggu sampai kembali ke What tum PO Temple dimana guru saya yang di Thailand.