Iklan

Sunday, August 24, 2008

Pelatihan dan latihan dapat kita ikuti dimana ada pelaksanan suatu program Meditasi yang berjalan seperti pelaksanan Meditasi Athangga sila


Dalam waktu bersaman dari bulan dan hari masa vassa sangat baik untuk satu hari yang tentunya pelaksananya berawal dari cetiya Mahasampatti,kemudian dilaksanakan dengan dari awal yaitu berdana makan di waktu pagi hari dimana sewaktu para bhikku lagi melaksanakan spirituality Pindaphata yang kegiatannya sehari-hari seorang Bhikku dari kewajibannya,disini umat dapat berkesempatan untuk berbuat baik untuk berdana makana ,setelah itu hari yang bersaman dapat kita memohon sila kepada para bhikku yang ada sehingga pelaksananya dilaksanakan dengan sempurna dan selanjutnya kotbha Dramma sampai melaksanakan awal dari Meditasi /samadi yang di programkan dan petunjuk-petunjuk awal dari suatu Meditasi dan dilaksanakan dengan baik sampai selesai kelanjutanya sehingga istirahat untuk para Bhikku untuk melaksanakan Meditasi tidur.

Paska selama latihan dan pelatihan dalam sekolah keBhikkuan dapat dijumpai dan dipelajari dari vinaya yaitu peraturan –peraturan yang tentunya vinaya itu,sehingga sejak itu dapat diperajari banyak Sprituality didalam agama Buddha baik didalam kehidupan baik diluar kehidupan seorang manusia hidup didunia ini.akan tetapi (science) ilmu pengetahuan yang dapat kita ketemukan seperti ilmu pengetahuan (science) dari spirituality dari Buddha yang tentunya dari Darmma itu dalam rangkaian kehidupan demi kehidupan yang dijalankan tentunya kehidupan spirituality kehidupan sehari-hari dari kehidupan rangkaian masyarakat hidup di dunia dan alam universal itu.
Yang tentang masalah untuk berbuat baik sampai sutra-sutra kotbha atau Darmma yang sampai ke Tripitaka yang dasar dari ilmu dalam agama Buddha yang terdiri dari Vinaya pitaka,Abhidamma pitaka,Suttanikaya pitaka dan tentang kotbha sang Buddha yang terbentuk jetaka sutta cerita kehidupan riwayat sang Buddha sampai riwayat hidup para Bhikku semasa sang Buddha masih hidup 2552 tahun yang lalu itu.kemudian vinaya pitaka biasanya di pakai untuk pembacaan hari ophosata dimana hari untuk para Bhikku untuk melaksanakan cara gocara dalam pelaksanan acara pembacan dari vinaya peraturan dari para Bhikku yang disebut dengan pembacan Phatimoka antara penaggalan bulan tanggal 1 sampai tanggal 15 setiap bulan,bisanya pelaksananya di Ophosatagara kalau di Negara Thailand Ophosatagara sangat banyak ditemukan di Negara Thailand yang sangat besar-besar dengan gedung yang dilengkapi dengan disain tradisi Therawadha Thailand yang ada dua aliran yaitu aliran Therawadha Dhammayut dan aliran Mahanikayi yang tentu disainnya hampir sama tapi berbeda,cuman gedungnya sangat besar-besar untuk menampung para Bhikku baik yang ada di hutan baik ada yang kota sehingga kalau dilihat setiap temple atau vihara pasti ada dijumpai satu Oposatagara baik yang dihutan baik yang di kota yang tentunnya kalalu di Negara Indonesia untuk menjumpai satu gedung Oposatagara itu mungkin dapat dihitung dengan jari tangan itu pun dari aliran Shanga Therawadha Indonesia mungkin Shanga Agung Indonesia sudah ada Oposatagara yang tersebar di seluluh Indonesia.

Gerbang untuk melaksanakan setelah vinaya pitaka yang tentunya dari phatimoka peraturan para Bhikku yang dibaca oleh bhikku yang bisa phatimoka ,selanjutnya yaitu pelaksanan dari seorang Bhikku untuk memasuki dan mempelajari Abidhamma pitaka yang tentunya tentang khotba Shang Buddha dan khotba pra Guru besar seperti dari somthet shanga raja,somthet sampai Sembilan,nafdam,naftri,naf Sembilan,chou kun yang disini long po ,sampai prakkhu yang disini Achan dan pra bhikku.disini khotba dhmma di laksanakan setiap hari dimana dalam acara gocara dari Spritualit dari tradisoanal Therawadha.
Kemudian para Bhikku baik yang vassanya dibawah Achan yahh. Mendengarkan khotba atau cerita Dhamma dari para guru long po tentunya bersama dengan umat yang ada didalam temple atau vihara itu,sehingga Abidhamma dapat dipraktekan didalam kehidupan sehari-hari yang tentunya Abidhamma diwaktu chen ting pagi hari dan chen ting malam hari khotba dhamma dapat dilaksankan pada waktu itu,sampai dengan waktu makan pagi setelah pindapata acara makan bersama yang tentunya bersama umat yang hadir untuk berbuat baik untuk berdana makanan ketemple atau vihara atau undangan makan diluar dari umat sampai upacara, acara,gocara dari orang berkabung atau orang mati untuk kremasi,sampai acara didalam pelaksanan chen ting malam hari untuk para Bhikku yang tentunya murid-murid dari long po.

Hingga kalau pelaksananya dari suttanikaya pitaka yang disini tentunya dipakai untuk pelaksanan dari acara,gocara dari Sprituality untuk menbaca parita suci nah suttanikaya pitaka ini adalah sutta-sutta dari parita suci yang dibaca setiap hari oleh para Bhikku dan umat yang tentunya sudah tersedia dimana dari umat yang beragama Buddha.

Sampai pelaksana dari Meditasi yang kewajiban dari seorang Bhikku yang harus dijalankan,disini para bhikku dapat melaksanakan meditasi tentunya di dalam temple atau vihara dimana para Bhikku melaksanakan meditasi baik dalam kuti atau didalam hutan,kalau dinegara Thailand bhikku banyak yang dilihat dan didengar yang tentunya tentang Bhikku wak thu dong yang sini diartikan dengan Bhikku yang bermeditasi didalam hutan dan kemudian berpidah-pindah atau ada yang menetap didalam hutan tertentu atau didalam hutan atau (guo) didalam hutan tertentu,sehingga sampai dijumpainya dengan temple atau vihara baru berasal dari dalam hutan maka di Negara Thailand terkenal dengan vihara hutan atau (Temple jungle) yang setiap hutan dapat dijumpai dengan adanya vihara hutan baik yang besar atau baik yang kecil, karena di Thailand pra Bhikku sangat banyak dan lokasi daerah atau tanah hutan sangat banyak dan luas terbentang yang tentunya penduduk disana terbagi rata sampai didalam hutan.sampai dari latihan untuk memasuki massa vassa kalau di Thailand untuk melaksanakan acara spritualitiy didalam acara mamasuki acara vassa yang dihadiri oleh para Bhikku yang ada pada waktu itu,seperti halnya kalau di Thailand tentunya seorang Bhikku melaksanakan Pradhaksina
Atau nisaya untuk pemohonan dan pelidungan oleh para guru disini long po atau achan selama masa vassa di suatu tempat dan beraditana untuk melaksanakan masa vassa selama tiga bulan dimana massa penghujan untuk menetap disuatu vihara atau didalam hutan yang tentunya sini vihara hutan.kemudian berdiam didalam hutan atau vihara selama tiga bulan dan mengikuti spirituality chen ting dan Meditasi,seperti halnya pelaksanan massa vassa yang satu pelaksananya seperti di laksanakan divihara hutan yang saya jalankan salama dua tahun dinegara Thailand yang pertama saya jalankan di what tum po di propinsi Buriram dengan long po tentunya sehingga ke vihara hutan di tempat prakku dari Jerman dengan long po yang berbeda yang nama long ponya long Pos Sam wan yang saya laksankan massa vassa saya disana selama tiga bulan sehingga selesai dan memasuki masa khatina selama sebulan,kemudian pelaksanan spirituality sampai ke chiang mai propinsi selama seminggu sampai kembali ke What tum PO Temple dimana guru saya yang di Thailand.

Dari perkembangan ajaran shang Buddha sangat penting adalah: Panna yang arti dari bahasa pali yang kebijaksanan dari perbuata kita sehari-hari dari perjalanan terutama spirituality dari religius kehidupan kita yang dapat kita praktekan dalam latihan spirituality ,terutama kegiatan kotbha darmma atau darmm desanna yang mengelolah isi cerita yang datang dari dalam atau datang dari luar secara outometik dari batin kita yang dikembangkan setiap hari baik dari Cheng thing sampai Meditasi yang spritualitynya sangat berguana dan bermamfaat,yang terutama dari acara gocar dari spirituality dari undangan makan sampai dengan berdana makan untuk para bhikku yang melaksanakan spirituality dari Buddha,sehingga ilmu pengetahuan yang dari rangkaian kehidupan manusia dan masyarakat dapat di dalam kehidupan baik kehidupan didalam keluarga baik didalam masyarakat desa dan kota ilmu pengetahun drama dapat rangkaian dari ilmu secara menual dan outometik dari setiap kehidupan,sehingga sejak itu dapat dikembangkan dari situasi disaat itu.

Biasanya setiap umat berdana makanan baik di pagi hari sewaktu para Bhikku melaksanakan pindapat dipagi hari maka kesempatan dan berkesempatan kepada umat yang ingin berbuat baik untuk menanam buah karmma baik dimana kehidupan setiap umat manusia tentunya umat yang berumah tangga sangat baik dan berguna untuk berdana makana kepada orang yang tepat dan waktu yang tepat kepada Bhramma acariaya tentunya disini para Bhikku yang menjalani spirituality dari ajaran shang Buddha,itu sangat bermamfaat bagi yang berdana makan diwaktu yang tepat terutama waktu jam makan para Buddha,Bhodisatvaya,para Braman,para arahat,para deva dan devi.

Karena dari setiap umat yang datang tidak semua yang sama ada yang umat yang sama ada umat yang datang dari man ajah baik dari dalam umat cetiya sendiri baik dari umat yang datang dari luar cetiya Mahasampatti,jadi setiap hari dana makan ada yang berdana untuk menanam buah karmma baik dari setiap umat yang ingin menambah berbuat baik dengan tujuan dan niat yang tentunya dengan tulus dan niat yang baik untuk kehidupan umat itu sendiri dari setiap permasalan umat setiap hari yang berbeda-beda dari setiap problema kehidupan yang tentunya umat manusai yang berumah tengga.

Kehidupan manusia disetiap kehidupan masalah yang dijumpai selalu tidak sama ada yang sama itu hanya kebetulan karena dunia manusia dan mahkluk hidup di dunia ini saling hidup dan mempertahankan hidup baik dia orang miskin baik dia orang kaya tidak luput dari semua masalah yang ada baik yang bertikai,bermusuhan,mencintai,menyayangi,benci,irihati,seraka,dsebagainya dari kehidupan dari kehidupan dari berumah-tangga sampai organisasi,kelompok,suku dan bangsa sampai kepemeritahan suasta sampai kepemeritahan bangsa dan Negara itu semua tidak luput dari masalah yang di hadapi setiap hari untuk ketengan dan kebahagian baik batinia dan rohanian adalah berTuhan yang Maha Esa yang dipercainya dari kehidupan dimana berada,sehingga sejak itu manusia tidak luput dari permasalan baik dari kehidupan manusia didalam masyarakat tentunyan baik dari rangkaian dari desa sampai rangkaian dari manusia hidup dikota.

Halnya dari kehidupan dimana pelaksanan latihan dan pelatihan
Untuk memulai kegiatan spirituality dari ajaran shang Buddha untuk menanam buah karmma baik denga berbuat baik sesamanya di mana berada baik orang miskin baik orang kaya dapat berbagi rata untuk berbuat baik,seperti bisanya pra bhikku dalam pelaksanan dibulan vassa kegiatan yang dilakukan setelah pindapatta dimana kegiatan dilakukan setiap hari dari kehidupan spirituality yaitu dengan program extra spirituality dari kegiatan dengan berdana bersama dari hasil pindapatta kepada parkir miskin,rumah jompo,panti asuhan ,baik panti asuhan tuna netral atau panti asuhan tuna rungu dan panti asuahan yatim piatu dan lain lain dalam program organisasi ,

Seperti halnya dengan parita suci yang dibacakan oleh para bhikku setiap selesai umat berdana baik makan baik bentuk kelangsungan kehidupan sesamanya dan berbagi berbuat karmma baik yang disini paritanya berbunyik:
-yatha varivaha pura
Paripurenti sagaram
Evameva ito dinnam
Petanam upakappati

Icchitam patthitam tumham
Khippameva samijjhatu
Sabbe purentu sankappa
Cando pannaraso yatha mani jotiraso yatha
Sabbitiyo vivajjantu
Sabbarogo vinassatu
Ma te bhavatvantarayo
Sukhi dighayuko bhava
Abhivadanasilissa
Niccam vuddhapacayino
Cattaro dhamma vaddhanti
Ayu vanno sukham balam

Bhavatu sabbamangalam
Rakkhantu sabbadevata
Sabbabuddhanubhavena
Sada sotthi bhavantu te

Bhavatu sabbamangalam
Rakkhantu sabbadevata
Sabbadhammanubhavena
Sada sotthi bhavantu te

Bhavatu sabbamangalam
Rakkhantu sabbadevata
Sabbasanghanubhavena

Yang artinya disini dengan bahasa Indonesia :
Laksana sungai-sungai yang melimpah airnya memenuhi samudera,demikian pula dengan yang diberikan disini akan memberi manfaat kepada para arwah yang menderita.

Apapun yang anda harapkan,
Semoga dapat segera terwujud!
Semoga semua cita-citamu akan tercapai,


Semoga terhindar dari semua kemalangan(duka-cita)
Semoga terbebas dari semua penyakit
Semoga terbebas dari semua mara bahaya
Semoga anda panjang umur dan bahagia



Akan mendapatkan empat berkah dan kemuliaan,yakni
Umur panjang ,kecantikan,kebahagian dan kekuatan

Semoga semua berkah ada pada anda
Semoga para deva melindungi anda
Dengan kekuatan semua Buddha
Semoga kesejahteraan melimpah pada anda

Semoga semua berkah ada pada anda
Semoga para deva melindungi anda
Dengan kekuatan semua dhamma
Semoga kesejahteraan melimpah pada anda

Semoga semua berkah ada pada anda
Semoga para deva melindungi anda
Dengan kekuatan semua sangha
Semoga kesejahteraa melimpa pada anda

Demikian pula dengan perbuatan baik yang selalu diniatkan oleh Metta (cinta kasih sesama makhluk hidup) setiap hari dimana tentunya dari awal tujuan apa yang di laksanakan untuk berbagi memolong sesamanya dari penderitaan baik tujuan apa yang diberikan kepada orang atau program kelanjutan dan tujuan yang bejalan sesuai ajaran sang Buddha ,
Kemudian setelah Pindapatta untuk makan pagi didalam cetiya Mahasampatti ada melaksankan suatu program dimana program tersebut dapat dilakukan dengan baik yaitu :program Pindapatta keliling komplek metal yang dilaksanakan dari metal 1 sampai metal 9 dengan sampai berakhir di lapangan bolabasket di komplek cemara aslih.

Sehingga pelaksanaannya dan dana yang terkumpul baik makana ringan,beras,indome,dan sebagainya dikumpulkan menjadi satu kemudian dibelsing dengan pemberkatan oleh para Bhikku kemudian dana yang terkumpul di danakan kembali kepada parker miskin,panti jompo,panti tuna netra,panti anak yatim piatu,dan panti asuhan,sehingga sampai pelaksananya dengan melanjutkan acara pembagian dana makan kepada suster yang pemimpin pelaksanan pembagian sembako dana makan untuk panti Asuhan itu dan saya sendiri terlibat didalamnya untuk melaksanakan dana makan kepada panti Asuhan itu dan mengikuti acaranya sampai pembagiannya rata untuk panti Asuhan yang ada sekitar kota ?Medan tentunya progam berjalan dengan baik dan berkelanjutan sampai keprogram yang berikutnya yang rencana program Pindapatta di lokasi jl panjang dari Cetiya Mahasampatti keliling jl Thamrin sampai kembali lagi ke Cetiya Mahasampatti ,kemudian rencana dana dari hasil Pindapatta tersebut akan sama dibagikan kembali ke panti-panti yang ada di kota Medan ini.

Dalam pelaksanan masa vassa di cetiya Mahasampatti memasuki tahap kebulan kedua yang di jadwalkan selama tiga bulan,ada pun kegiatan yang dilakukan seperti biasanya yaitu dengan pelaksanan Cheng thing baca paritta suci dan sehingga pelaksanaan Meditasi yang dilakukan setiap hari dan kemudian Pindapata setiap hari yang dilakuakan sebagai tugas atau sebagai kewajiban setelah vinaya dan sila dilaksanakan dengan baik,akan tetapi tanyak jawab yang dilakuakan dapat dilakukan dengan tempat dan waktu yang ada biasanya tanyak jawab dapat dilakukan dengan baik setelah selesai Meditasi.

Hingga kalau pelaksanaan tanyak jawab dapat dilakukan dengan umat tentunya dapat dilaksanakan dengan berbagai pertanyakan yang ada pada saat itu,seperti halnya dengan umat yang datang pada waktu Meditasi atau datang pada waktu berdana makana untuk para bhikkhu lalu pertanyakan dapat di tanyakan dengan para bhikku yang ada saat itu.contohnya seperti kegiatan yang dilakukan spirituality setiap hari dengan umat yang bertanyak tentang kehidupan tentunya kegiatan dari PTT yang artinya bekerja langsung ketempat-tempat yang membutukan pertolongan baik di lapangan baik diluar lapangan,adapun kegiatan kerja lapangan dapat langsung praktekan tugas tempat Phisikology tanyak jawab tentang masalah yang timbul dari setiap kehidupan baik yang buruk dengan permasalahan yang ada pada umat manusia tentunya karena di sini sesame umat manusia yang ada.tentunya fisioterapi tentang Phisicology dapat dilaksanakan dengan baik.

Ikut serta dalam pelaksanaan dan pelatihan serta latihan dengan itu dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai kegiatan dengan tentunya menolong ,meyelamati sesamanya yang menbutukan pertolongan dengan baik yang di desa terpencil,desa dan perkotan yang ada untuk menolong pakir miskin di perdesaan,dan sehingga masyarakat desa terpencil sampai masyarakat desa dan kota.kemudian didalam Phisicology religion of source untuk umat Buddha tentunya dengan didasari dengan ajaran sang Buddha dan sebagai guru jujungan kita yang sempurna,maka ajaran dan penyebaranya ilmu pengetahuan darmma ajaran sang Buddha dapat di praktekan dengan baik untuk menolong sesame manusia yang membutukan pertolongan.

Jika akan memperdalam ilmu pengetahuan dari ajaran sang Buddha tentunya dengan giat praktek berlatih ,belajar, tentang kehidupan demi kehidupan yang ada,meskipun semua berawal dari dasar ilmu pengetahuan yang ada yang tersimpan sebagai bekal kehidupan yang akan datang tidak luput dari praktek lapangan yang ada baik berpindah dan berpindah tempat itu tak masalah apa lagi praktek yang sering dipraktekan berpinda tempat dari desa terpencil,desa,kota sampai berpindah antar bangsa yang tentunya praktek dan sekolah lagi di Negara besar,eropa barat seperti Amerika Serikat yang dimana ilmu pengetahuan yang lebih maju.Seperti dengan praktek lapangan dengan PTT dengan praktek tugas tempat yang berpidah-pindah dengan propesi dan tentunya dengan kealihan yang ada baik praktek umum dengan kondisi yang situasi yang ada.

Hingga kembali dengan pelatiahan spirituality dari ajaran sang Buddha dari acara Sprituality of religion of source yang tentunya dari kegiatan dari spirituality dari setiap hari yang dapat diceritakan dan ditulis dengan darmma desana,cerama,atau kotbah yang kemudian tanyak jawab sampai dengan talk show,seminar tentang science Darmma dan problem atau masalah dengan kehidupan umat berumah tangga dari berbagai lingkungan kehidupan sehari-hari dengan konsultasi tentang kehidupan baik yang positive baik negative yang datang siri berganti setiap hari.kadang-kadang kehidupan tidak luput dari penyakit masyarakat yang sering tinbul dari akibat dari persaingan hidup baik orang miskin dan orang kaya yang saling mempertahankan hidup setiap hari,jadi timbulnya penyakit baik yang lama dan yang penyakit baru hingga penyakit dalam dan penyakit luar itu hanya dari dasar kembali kehidupan diman berasal penyakit itu berasal. Sehingga PTT dapat dilaksanakan dengan praktek tugas tempat langsung dengan darmma desana yang artinya disini membabarkan ajaran sang Buddha dengan darmma dari desa-kedesa baik desa yang terpencil sekalipun dari bimbimgan darmma sebagai obat atau medisin mental dan spirituality dapat bimbimgan sampai ke Eropa barat tentunya Amerika Serikat sampai kepenjuru dunia yang ada.

Lihat kembali kehidupan dari setiap sisi kehidupan dapat diraih dengan KARUNA(belas kasihan sesama makhluk hidup) Bermacam-macam pelaksanan dari pelatihan dan latihan yang ada sampai PTT praktek tugas tempat langsung dengan penuh belas kasihan sesame makhluk hidup dengan terjun langsung PTT praktek tugas tempat dengan belas kasih menolong manusia tentunya disini yang membutukan pertolongan dari uluran tangan dari kehidupan-kehidupan yang patut di tolong dengan berbagai kegiatan-kegiatan social yang ada dengan belas kasih menolong orang tua,sanak keluarga,pamili,guru,kawan-kawan dan orang-orang yang membutukan pertolongan dari pakir miskin,panti-panti asuhan,panti-panti jompo,panti-panti bencana alam sampai panti-panti social dari kecelakan lalu lintas baik besar dan kecelakan yang kecil sehingga cacat mental,cacat tuna rungu,cacat fisik dari kecelakan dan sebagainya dari kehidupan sesame manusia baik pengobatan gratis dan donor darah yang di adakan setiap program untuk menolong makhluk hidup yang membutukan pertolongan.

Cari kehidupan yang benar sangat berguna di dalam kehidupan sebagai manusia untuk saling mempertahankan kehidupan demi kehidupan yang ada sampai dengan pertikaian yang ada dari satu hal yang sepeleh sampai hal yang penting,yang tentunya dari setiap cerita kehidupan dari setiap kehidupan sangat banyak dan berbeda sampai dengan permasalahan badan hokum yang berlaku di Negara Republik Indonesia ini.pelangaran –pelangaran sering terjadi baik yang disengaja baik yang tidak disengaja itu bisa terjadi dari semua lingkungan kehidupan manusia ini.

Dengan demikian setiap masalah yang ada sampai dengan satu cerita tentang kehidupan dari manusia dengan manusia sering dijumpai dengan bermacam-macam persoalan yang ada,misalnya dengan kejadian yang sering terjadi yaitu dengan pertikaian antara manusia dengan kesenjangan social yang timbual akibat dari sikaya dan simiskin saling menimbun hasil kekaya dengan dali berbagai cara yang tentunya ada dengan ekonomik,berdagang,sampai dengan melanggar hokum undang-undang yang berlaku di Negara ini. Sehingga akhirnya saling berhubungan dengan baik sampai dengan bertikai dengan sesamanya untuk mempertahankan kehidupan yang akhirnya terjadinya pencurian,perampokan,peganiaan,pembunuhan yang semua manusia tidak terhindar dari semua kehidupan yang saling berdampingan hidup sesame suku rakyat bangsa yang
Begitu banyak,sehingga tidak luput dari loba,moha,irsia dan tanha yang artinya jalan salah dengan pandangan yang salah dari loba keserakahan kemudian tujuan yang salah yaitu moha kebencian dengan keingina hawa nafsu yang berlebihan sampai dengan tibulnya irihati yang diakibatkan ketamakan tanha,sehingga sampai dengan terjadinya sesuatu masalah yang akibat dari satu piring nasi hingga melanggar sila yang mengakibatkan terjadinya pembunuhan dari sila pertama dari Pancasila yaitu :Panatipatta veramani sikkhapadam samadiyami dan sampai bentrok antara sesame kawan atau sanak pamili baik adik dan abang sampai keluargga dekat dan keluargga jauh, sampai bentrok antara suku ,sampai bentrok antara bangsa dan sebagainya dan begitu juga dengan terjadinya adinnadana veramani shikkapadam samadiyami terjadinya pencurian yang mengakibatkan kerugian baik berbagai pihak dan begitu juga dengan tejadinya kamesu micchacara veramanai sikkhapadam samdiyami berbuat perzinahan yang terjadi didalam keluarga yang tentunya suami yang selingku atau isteri yang selingku dan begitu juga dengan tejadinya musavada veramani sikkhapadam samadiyami yang terjadi didalam keluargga atau diluar keluargga yang mengakibatkan bohong sana bohong sini dan ucapan yang tidak benar sampai dengan sura meraya majja pamadattana varamani sikkhapadam samadiyami yang terjadi didalam keluargga yang mengakibatkan mabuk minuman keras yang menbuat lemahnya kesadaran.

Eloknya lebih baik untuk menjalankan sila supaya kehidupan lebih baik supaya terhindar dari permusuhan yang timbul akibat lalainya kehidupan yang tentunya dengan belas kasihan sesame manusia dengan menolong sesame manusia dengan berbagai cara yang ada didalam kehidupan manusia tentunya saling menolong kalau menbunuh,mencuri,berzina,berbohong,minuman keras ada akibatnya yaitu dihukum,seperti membunuh menolong dengan belas kasih supaya tidak membunuh makhluk hidup,seperti mencuri menolong dengan belas kasih supaya tidak mencuri,seperti berzinah menolong dengan belas kasih supaya tidak berzinah,seperti berbohong menolong dengan belas kasih supaya tidak berbohong,seperi minuman keras menolong dengan belas kasih supaya tidak minuman keras.

Jadi dari semua kehidupan sesame manusia banyak yang didapat dengan Mudita(ikut simpati dari keberhasilan orang lain) bersukur atas rakmat dari Tuhan Yang Maha Esa turut simpati dari hari yang dicapai berkat usahanya sendiri baik dari orang lain,ini tidak luput dari lingkungan dimana manusia itu hidup bedampingan sesamanya dari beragam suku bangsa yang ada sampai dengan keberhasilan dari ilmu pengetahuan pendidikan,Ekonomi,social,politik, dan kebudayaan dan lain-lain sampai sehingga turut simpati rasa senang dan bergembira melihat keberhasilan orang lain baik didalam kehidupan manusia dan kehidupan diluar kehidupan manusia itu.

Cerita tentang kehidupan setiap manusia dengan berbagai kehidupan yang ada tentunya manusia kehidupan yang berkeluarga dengan berbagai masalah yang ada sampai dengan permasalahan kehidupan ekonomik,kelompok dan polotik dari setiap sisi kehidupan yang ada sampai dengan pemeritahan yang ada.memang setiap manusia tidak semua sama dengan manusia yang lain sesame hidup dilingkungan yang sama dan hidup dilingkungan yang berbeda tentunya beradaptasi dengan manusia dan lingkungannya itu pasti berbeda sama yang lain kalau ada yang sama itu hanya kebetulan yang ada karena setiap manusia dari pandangan jasmani dan rohani pasti ada sifat dan nafsu yang berbeda baik berbagai nafsu dari keinginan,istilahnya apabila melihat sesame teman kita lagi belajar bersama baik belajar sekolah bersama dari perguruan SD,SMP,SMAtertentu, sekolah universitas dokter,insiyur,ekomoni,social dan politik tertentu,baik formal dan nonformal melihat teman yang jenius ikut simpati,melihat teman lulus ujian dan berhasil mendapat gelar ikut simpati,sehingga ikut simpati dan menolong teman yang kurang pintar supaya ikut berhasil dalam melai keberhasilan baik dalam ujian dan sama-sama melai keberhasilan mendapat gelar dan ikut simpati dan berbahagia.
Demikian juga dengan keberhasilan dalam mencapai kesuksesan di bidang ekonomi yang setiap manusia tidak sama dengan lainya untuk merai keuntungan dengan berbagai bidang yang tentunya tidak sama kalau sama itu program yang diatur secara menual tentunya kembali sifat dan tujuan yang kadang berbeda dengan lainya,misalnya membuka usaha pertokoan baju ada yang berhasil dan ada yang gagal nah kalau yang berhasil dapat dilihat didalam moll atau plaza yang ada,kadang-kadang dapat dilihat banyaknya toko baju yang berjejer yah ,,? Memang dilihat sama sekilas sifat dan tujuan masing-masing tentunya berbeda-beda,sehingga kembali melihat keluarga,pamili,teman,merai keberhasilan atau buka usaha baru dan berhasil ikut simpati dan bahagia turut merai keberhasilan dan sukses.

Eloknya kalau lebih baik lagi setelah merai keberhasilan sukses kaya di segala bidang dengan berdermawan dengan menbatu sesame yang kurang dengan tentunya terbentuknya satu program atau bergabung disuatu program tertentu dan kegiatan social untuk menolong sesamnya dengan berbagai kegiatan yang ada untuk ikut simpati menolong sesame manusia yang menbutukan pertolongan dengan berbagai macam pertolongan tentunya dengan uluran tangan untuk membantu dan menolong manusia yang kekurangan,misalnya dalam kegiatan social untuk menolong sanak keluarga yang tertimpah musibah,kegiatan social berdana ke panti-panti asuhan,panti-panti jompo,panti-panti cacat mental,tuna rungu,tuna wisma,dan lain-lainnya.dan ikut simpati untuk menolong sesame manusia dan ikut bergabung simpati untuk menolong sesame manusia.

Hingga sampai dengan kehidupan sehari-hari yang ada sampai dengan perkembangan dan kemajuan dunia terbelakang sampai dunia maju yang menbutukan perhatihan dan dukungan segenap bangsa dan tanah air yang dari tentunya rakyat yang menjujung kebangsan dan persatuhan untuk menghidupi masyarakat yang adil dan makmur merdeka dan berdaulat sehingga dapat hidup sejajar dengan bengsa lain didunia ini,tentunya tidak luput dari uluran tangan anak-anak bangsa sebagai generasi bangsa yang patut di kembangkan ikut andil dalam pelindungan bangsa dan tanah air supaya Negara dan bangsa ini maju dan berkembang hidup sejajar dengan bangsa lain yang ada didunia ini,tidak luput dari usaha baik yang kecil dan usaha yang besar sampai dengan perkembangan ekonomi bangsa dan tanah air sampai social suku bangsa dan kebudayan didalam politik dalam negeri sampai politik luar negeri yang aktiv dan bebas untuk merail keadilan social seluluh bangsa dan tanah air,sehingga ikut simpati untuk ikut andil didalam lidungan dan pelindungan bangsa dan tanah air dari berbagai penindasan dari dalam dan dari luar. Seperti kegiatan kepemerintahan yang begitu banyak yang membutukan tenaga generasi baik lama dan yang baru di berbagai bidang kepemerintahan baik politik dan social,sehingga sampai dengan tugas-tugas Negara yang diemban dari setiap istansi-istansi yang ada.

Kehidupan dari semua kebutuhan yang telah dicapai sangat sempurna dari UPEKKHA(ketenangan batin yang seimbang) dimana kehidupan ini berlanjut dengan kehidupan berbagai ragam kehidupan yang muncul bersaman baik yang baik dan baik yang buruk tidak luput dari kehidupan lingkungan dimana berasal untuk mencari keseimbangan tenang dan bahagia hidup yang ada sangat menbutukan perhatian dan latihan dari pelatihan yang ada tersedia sehingga dapat menjalankan kehidupan ini dengan sempurna untuk diri sendiri dan orang lain sampai masyarakat lain.

Himpunan dari semua kehidupan dapat dilihat dari perbuatan-perbuatan sehari-hari dari semua kehidupan dimana lingkungan yang tentunya berbeda sama yang lain untuk mepertahankan kehidupan demi kehidupan satu kehidupan demi satu kehidupan yang sili berganti sesame manusia baik hidup di tempat lingkungan orang kaya baik hidup dilingkungan tempat orang miskin itu adalah kehidupan baik ditempat yang baik atau baik ditempat yang buruk sehingga masalah yang sering dijumpai sesame manusia tidak ajah beradaptasi sesame manusia dilingkungan orang baik ajah atau orang jahat sajah..? karena semua kehidupan tidak luput dari pergaulan dari orang miskin,orang kaya,orang baik,orang jahat dan lain-lain berbaur sesamanya untuk mempertahankan kehidupan sesame manusia baik dilingkungan diman kehidupan itu berlangsung sesamanya dari kehidupan demi kehidupan .

Ikut andil dalam kebersaman sesama manusia dengan menolong yang kekurangan untuk menanam buah karmma baik dimana karmma buruk yang masa lampau yang kita tanam tidak bisa diketahui jadi untuk keseimbangan dari perbutan untuk menanam buah karmma baik sangat banyak dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari,sehingga sampai dengan ikut andil dalam suatu kegiatan kelompok tertentu dengan kegiatan berbagai bakhti social untuk menolong sesame manusia tentunya makhluk hidup sekitarnya.akan tetapi dengan melihat kembali dengan kehidupan dimana lingkungan kita hidup yang merasa berkelebihan baik materil,moral,dan waktu untuk menolong sesame manusia dengan kesenangan hati supaya hidup merasa tenang dan bahagia seimbang dengan kehidupan-kehidupan yang lainnya.

Jumlah perbuatan baik dan perbuatan jahat tidak dapat dihitung dimana manusia masih hidup karena perbuatan jahat dan perbuatan baik sengaja atau tidak sengaja bisa terjadi diman ajah
Yang dapat ditimbun secara sengaja atau tidak sengaja itu bisa terjadi dimana ajah….?karena manusia hidup baik yang berkecukupan baik tidak berkecukupan sama-sama menpertahan kehidupan sesame lainya,yang tentunya tidak luput dari hasil karya yang timbul dan terciptanya karya karya baru dari hasil manusia itu sendiri seperti rumah untuk pelindungan manusia,gedung kantor untuk manusia bisa mengembangkan hasil karya didalam segalah bidang sebagai pemerintah,mobil hasil karya manusia sebagai alat transfotasi,sampai dengan tentunya sandang dan panggan yang sebagai dasar dari kehidupan manusia apa ajah dari semua suku setempat dan suku-suku bangsa kehidupan diman berada saling saingan menpertahankan kehidupan demi kehidupan sesame manusia.

Lihat dari kehidupan diman lingkungan kehidupan saling berkompetisi mengembangkan,menciptakan karya-karya baru dari sisi lingkungan diman berada baik social,ekonomi,politik dan pelindungan mempertahankan bangsa dan Negara.yang tentunya dari anak-anak cucu generasi-demi generasi yang diturunkan dari orang tuanya masing-masing untuk melanjutkan kehidupan demi kehidupan sesame manusia,kemudian kembali kekehidupan manusia seutuhnya yang bermoral dan etika kebangsan untuk melindungi bangsa dan tanah airnya tentunya bangsa Indonesia.

Hingga perbutan baik dapat ditanam diladang yang sangat baik yaitu ladang anggota shanga para bhikkhu yang melaksanakan melatih diri dari hidup suci sampai dengan tebentuknya berbagai orgganisasi kelompok social untuk bembantu para bhikkhu untuk menyebarkan ajaran sang Buddha,darmma,shanga yang tentunya Trilatna tiga mestika keranjang dari ajaran shang Buddha.

Imbangan dari kehidupan dimana lingkungan hidup dapat tercukupi dengan berbagai masalah kemasalah yang lainnya sampai dengan masalah positive dan masalah negative yang tentunya baik dan buruknya kehiduapan dapat terjadi dimana dan kapan ajah,,,?sampai dengan pengaturan peraturan hidup supaya hidup teratur dengan kebutuhan yang mencukupi baik jasmania dan rohania baik materi,moral,waktu untuk menolong,membantu sesame manusia dengan bebagai kesempatan yang tersedia.supaya hidup ini terasa damai, tentram, seimbang,bahagia,cinta kasih,belas kasihan,turut simpati sama-sama senang,dan akhirnya dengan keseimbangan batin yang seimbang dan tenang.